09
Oct
09

RUMAH TEBING

Waktu itu, ketika masih bergabung dengan sebuah konsultan arsitektur terkemuka di Bandung, bersama dengan seorang rekan senior, kami dipercaya untuk mendesain sebuah rumah di sebuah bukit, di ujung-sebelah-luar Bandung Utara. Konsep utama yang ingin ditampilkan adalah fragmentasi ‘vista’, karena potensi view dan topografi di perbukitan Bandung Utara tersebut yang sangat menantang. Konsep massingnya menggunakan pendekatan ‘tektonik’ yang  ‘utilitarian’ dalam gaya bahasa bentuk yang clean, simple dan sederhana. Hal ini diharapkan dapat merepersonifikasikan pemilik rumah yang merupakan seorang teknokrat muda yang terkemuka di negri ini.

Underview

Pengalaman sekuensial pertama diawali dengan blocking visual dari arah pintu masuk utama dengan menggunakan free standing wall batu candi. Tamu sengaja ‘digoda’ dengan disisakan sedikit ‘bocoran’ visual dari arah pintu utama melalui sepasang see-through-frameless-glass-door, yang membingkai sebuah ‘vista’ ke arah perbukitan di belakang bangunan.

Setelah memasuki foyer, tamu terus dituntun oleh sebuah floor-path-axis yang menembus banguan menuju ke arah teras-foyer disisi sebaliknya, yang berupa projected viewing deck, yang menggantung di level teratas bangunan rumah ini. Di situ, tamu/pengunjung coba di-‘kejut’-kan dengan 270° pandangan terbuka ke arah pepohonan di perbukitan Bandung Utara dari ketinggian hampir 45m dari dasar Front-Viewtebing.

Disamping itu, kontur yang ekstrem coba dimanfaatkan untuk menampilkan bangunan yang ekstrem juga, dengan menempatkan kolam renang ‘invinity’ di sisi terluar bangunan, sehingga berkesan seperti menggantung di ujung tebing.

Massa bangunan juga di-explode menjadi 3 bagian dalam 2 split-level untuk memperjelas aksesibilitas,  zoning, dan privasi. Massa tengah sebagai area masuk utama merupakan zona formal & publik, massa terluar (sisi terdekat jalan) sebagai area service  dan merupakan zona loading-unloading, massa terdalam (daerah tebing) sebagai zona privat. Masing masing blok dihubungkan dengan anchor berupa tangga & koridor

Compilation



Gravatar

Categories